*


Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length

Bolehkah minum kopi selama hamil? 8

Pengamat Kopi Posts: 1 *
Bolehkah minum kopi selama hamil?
« on: November 14, 2018, 03:08:22 PM »

Buat para emak dan calon emak, ini artikel seputar kalian, khususnya yang demen kopi dan lagi hamil (atau mau hamil). Ya, kehamilan emang saat-saat yang menyenangkan, masa buat siap-siap menyambut kedatangan si kecil. Tapi, kadang kehamilan juga dianggep sebagai waktu yang menyiksa, karena jadi banyak makanan atau minuman yang dipantang, makan ini ga boleh, minum itu jangan. Banyak calon emak yang kadang mengeluh mesti ngerelain makanan/minuman favoritnya ga bisa disentuh selama hamil, termasuk kopi.

Nah, tapi jangan kawatir, study terbaru dari pakar medis belakangan ini menyimpulkan bahwa kopi tidak membahayakan kehamilan, bahkan ada manfaatnya. Tapi berita-berita itu juga ga bisa langsung dipercaya begitu saja kan...? Kalo emang boleh minum kopi selama hamil, berapa banyak maksimal kopi yang boleh diminum per hari..? Dannn...


Apakah Aman Minum Kopi Saat Trimester Pertama dan Setelahnya?

Quote
Menurut ahli medis, empat bulan pertama kehamilan adalah waktu paling penting untuk memantau apa yang Anda makan dan minum, terutama asupan kafein Anda. Untuk calon ibu yang baru, ini bisa menimbulkan ketakutan di hati kebanyakan wanita. Bagaimana jika Anda minum terlalu banyak kopi? Bagaimana jika Anda tanpa sadar membahayakan bayi Anda hanya karena Anda ingin minum secangkir kopi? Ya, ini semua adalah masalah yang valid, tapi...

Hamil bukanlah sebuah penyakit, dan pantangan apapun (termasuk minum kopi) selama hamil tidak selalu menjadi pilihan terbaik

Hamil bukanlah alasan untuk ngilangin kebiasaan yang menyenangkan dan baik dalam hdup. Hanya karena minum kopi (dalam jumlah yang wajar) saat hamil bisa terjadi sesuatu yang buruk terhadap janin. Nah, biar lebih tenang, mari kita simak beberapa sumber di bawah ini:



Quote
Babycenter.com: Menurut situs ini, sebuah studi pada tahun 2008 mengungkapkan bahwa wanita yang minum 200 mg atau lebih kafein setiap hari memiliki risiko keguguran dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Meskipun demikian, sejumlah penelitian lain tidak menemukan kaitan yang sama antara konsumsi kafein dan keguguran. BabyCenter juga menyinggung studi Denmark yang mengungkapkan peningkatan risiko kelahiran mati oleh lebih dari 50% untuk wanita yang mengkonsumsi 8 atau lebih cangkir kopi sehari. Namun, kebanyakan peminum kopi moderat akan setuju bahwa 8 cangkir kopi sehari berlebihan, apakah Anda hamil atau tidak.

Reuters Health: American College of Obstetricians and Gynecologists memastikan bahwa secangkir kopi sehari selama kehamilan tidak mungkin meningkatkan risiko kelahiran prematur atau keguguran. Ini adalah jawaban akhir yang diberikan untuk banyak studi yang bertentangan yang memperdebatkan bagaimana konsumsi kafein dapat menyebabkan komplikasi kehamilan potensial. Rekomendasi dasar dari College’s Committee on Obstetric Practice, 200 mg kafein per hari (kira-kira secangkir atau 12 ons), tapi jumah itu juga mesti ngitung lagi dengan sumber asupan kafein lainnya, misalnya soda dan teh berkafein.

American Academy of Pediatrics: Konsumsi kafein selama kehamilan tidak akan memengaruhi pola perilaku anak di kemudian hari dalam kehidupan. Minum secangkir kopi saat hamil dapat membantu anda untuk menjadi gembira dan melawan kelelahan kehamilan, tetapi itu tidak akan menyebabkan hiperaktif pada anak Anda saat mereka tumbuh dewasa.

TheAsianParent.com: Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk minum kopi. Namun, ada batas tertentu untuk asupan kopi dalam sehari, sebaiknya (maksimal) hanya dua cangkir sehari. Kopi apapun tak masalah, yang penting tidak melebihi ambang batas, yang bisa membuat pola makan ibu terganggu dan masalah pencernaan.

Soo...dari semua penelitian di atas, intinya tetep perlu ukuran atau batasan seberapa banyak kafein yang bisa dinikmati selama kehamilan. Menurut American Pregnancy Association, wanita hamil tidak perlu berpantang sama sekali dari kafein, kecuali berdasarkan pertimbangan pribadi. Rekomendasi dari para ahli sendiri untuk mengkonsumsi minum kafein, yaitu antara 150 mg sampai 300 mg sehari, ga membawa efek samping negatif pada bayi yang belum lahir.

Tapiii..tentu saja, tetep perlu konsultasi sama dokter buat dapetin petunjuk khusus sesuai riwayat medis dan kebutuhan pribadi masing-masing selama kehamilan.
« Last Edit: November 14, 2018, 03:10:14 PM by juragan.kopi »
Moderator Pengamat Kopi Posts: 5 menyeduh adalah hak segala bangsa *****
Re: Bolehkah minum kopi selama hamil?
« Reply #1 on: November 14, 2018, 03:35:18 PM »

Tapiii..tentu saja, tetep perlu konsultasi sama dokter buat dapetin petunjuk khusus sesuai riwayat medis dan kebutuhan pribadi masing-masing selama kehamilan.

Ini yang perlu ditekankan..
Karena kondisi tiap orang beda-beda, ada yang tetep kebal meski minum kopi banyak, ada yang sensitif, biarpun cuma seteguk efeknya langsung berasa. Kalo yang model ky gini mendungan jangan berani berani, yang penting emak & bayinya sehat, aman sentosa  ;)